top of page

Tips Penggajian untuk Usaha Kecil Menengah (UKM/SME)



Ada beberapa hal penting yang perlu diingat saat menyiapkan penggajian untuk Usaha Kecil Menengah. Kami punya beberapa tips untuk membuat proses penggajian lebih sederhana.


Menyiapkan penggajian untuk bisnis baru mungkin tampak mudah, tetapi sebenarnya membutuhkan lebih banyak perhatian daripada yang Anda kira. Penggajian diatur oleh pemerintah dalam undang-undang ketenagakerjaan dan perpajakan. Pemilik usaha yang mengabaikan langkah-langkah penting dalam menyiapkan penggajian mungkin mendapati perusahaan mereka menghadapi denda dan penalti yang besar. Jika dikelola dengan benar, sistem penggajian otomatis dapat membantu Anda menyederhanakan proses dan mendata, dan memenuhi peraturan perpajakan. Di samping itu, karyawan akan sangat menghargai jika gaji mereka dibayar tepat waktu tanpa hambatan.



Berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat saat menyiapkan penggajian:

Gunakan sistem penggajian


Pemilik usaha memiliki banyak tanggung jawab, dan penggajian akan dilakukan secara teratur. Melakukan penggajian secara manual, mengeluarkan cek, atau mengirim pembayaran melalui transfer bank secara manual memakan banyak waktu. Dan mengelola penggajian karyawan juga tidak mudah, dengan peraturan pemerintah pusat maupun daerah, dan peraturan perpajakan yang harus diikuti saat membayar karyawan. Salah satu tips penggajian yang paling penting adalah Anda harus memilih sistem perangkat lunak penggajian yang baik yang akan membantu Anda mengautomasi pembayaran, menghasilkan data yang akurat dan sesuai peraturan. Di GajiCermat, kami akan merekomendasikan Usaha Kecil Menengah untuk menginstal KerjaCermat karena sistem penggajian Anda harus terhubung dengan sistem absensi Anda. Contohnya, GajiCermat yang terintegrasi dengan data absensi online di KerjaCermat akan membuat perhitungan gaji dan absensi untuk anggota tim menjadi sederhana.



Pastikan karyawan Anda dapat bergabung dengan mudah


Kesan pertama selalu penting. Penelitian menunjukkan bahwa proses onboarding yang kuat meningkatkan retensi karyawan baru sebesar 82%. Onboarding karyawan secara efektif membutuhkan banyak usaha, sehingga sistem Anda seharusnya memungkinkan Anda untuk dengan mudah dan cepat menambahkan karyawan ke tim Anda. Mempekerjakan karyawan menambah kompleksitaspada proses onboarding jadi jika Anda merencanakan perekrutan Anda harus memastikan perangkat lunak Anda juga dapat menangani onboarding.



Jangan lupa pajak penggajian


Salah satu kesalahan terbesar yang kami lihat di pada Usaha Kecil Menengah ialah, pelaku usaha hanya memberi gaji kepada karyawan dan tidak mengambil pemotongan pajak. Jika instansi pajak belum mendapatkan pajak gaji Anda pada akhir kuartal, Anda akan memiliki masalah dengan pemberitahuan, penalti, pajak balik, dokumen, dan banyak lagi. Ikhtisar tenggat waktu pajak untuk Usaha Kecil Menengah C-corporation ini dapat membantu Anda tetap pada jalur pajak. Sekali lagi, sistem perangkat lunak penggajian seperti GajiCermat dapat membantu Usaha Kecil Menengah Anda tidak melanggar aturan tersebut.



Pilih jadwal penggajian Anda dengan hati-hati


Bisnis kecil dengan lebih sedikit pekerja mungkin dapat membayar karyawan setiap minggu, tetapi ketika Usaha Kecil Menengah Anda meningkat dan Anda mempekerjakan lebih banyak orang, itu mungkin menjadi terlalu rumit. Tergantung pada kebutuhan Anda, Anda dapat memilih harian, mingguan, atau bulanan. Namun, Anda harus mempertimbangkan peraturan yang berlaku, waktu yang tersedia, dan kebutuhan karyawan Anda saat menetapkan jadwal pembayaran.



Jalankan penggajian Anda tepat waktu


Penggajian yang terlambat dapat melanggar undang-undang, tetapi efek besar akan terlihat pada produktivitas karyawan. Sebuah survei dari The Workforce Institute menemukan bahwa 24% pekerja akan memulai pencarian pekerjaan baru setelah satu kesalahan penggajian, dan 25% lainnya mengatakan mereka akan mulai mencari pekerjaan baru setelah dua kesalahan penggajian. Usaha Kecil Menengah Anda tidak hanya akan kehilangan karyawan yang berpengalaman, tetapi turnover juga akan menghabiskan uang Anda. Inilah mengapa automasi sangat membantu.



Klasifikasikan pekerja Anda dengan benar


Kedengarannya sederhana, tetapi pendiri usaha baru sering salah mengklasifikasikan pekerja, yang dapat memiliki implikasi pajak yang besar. Karyawan diklasifikasi berdasarkan kontrak perjanjian maupun masa kerja serta undang-undang yang berkaitan dengan hal tersebut. Sebaiknya Anda mencari penyedia penggajian yang dapat menyederhanakan proses tersebut. Fitur manajemen karyawan di GajiCermat dapat mendata pekerja sesuai klasifikasinya, dan menyederhanakan proses pendataan. Karyawan tersebut bekerja untuk Anda, biarkan GajiCermat yang menangani penggajian dan administrasi SDM sesuai peraturan.



Sederhanakan proses penggajian Anda dengan bekerja dengan solusi ahli


Perangkat lunak penggajian menjaga informasi Anda tetap teratur, menyederhanakan kepatuhan pajak, membantu menghilangkan kesalahan dan penundaan, serta menghemat waktu dan uang pemilik usaha. Plus, sistem otomatisasi penggajian yang solid seperti GajiCermat mendorong Usaha Kecil Menengah Anda terus bertumbuh dan sukses!




bottom of page