top of page

7 Teknologi Terjangkau untuk UMKM



Sekarang, era melihat tumpukan dokumen dan post-it note yang tak ada habisnya telah berakhir. Teknologi untuk bisnis semakin kuat dan murah dari waktu ke waktu, dan memberi pengusaha kecil kemampuan sumber daya seperti perusahaan besar.


Perangkat lunak yang tepat dapat membantu merampingkan proses yang sudah ketinggalan zaman, mengautomasi tugas repetitif, dan menguatkan fondasi pertumbuhan bisnis berskala besar—tanpa menghabiskan banyak uang.


Berikut daftar teknologi terjangkau favorit kami, untuk membantu pengusaha yang kekurangan waktu dan melakukan lebih banyak hal dengan lebih sedikit tenaga kerja.



Table of Contents



1. Google Kalender untuk penjadwalan janji


Pertemuan (appointment) sering kali melibatkan pencatatan detailt di kalender pada papan atau di kertas apa pun yang ada di dekat Anda, hal ini sudah ketinggalan zaman. Metode seperti itu juga tidak efisien memakan waktu, juga menyulitkan saat mengelola jadwal yang padat.


Jadi bagaimana cara memastikan Anda tidak melewatkan pertemuan penting, atau punya double jadwal saat presentasi kepada klien, sambil melakukan semua hal lain yang perlu Anda lakukan untuk bisnis anda tetap beroperasi dengan baik?


Solusinya: Kalender Google. Software gratis yang memungkinkan Anda memasukkan ketersediaan kalender dan mencocokkannya dengan ketersediaan tamu Anda untuk pengalaman penjadwalan yang lancar. Rapat menjadi bebas konflik, mengaktifkan pengingat otomatis, dan mudah untuk menjadwal ulang ketika seseorang membatalkan secara mendadak.


2. Solusi HRIS


Dalam bisnis kecil, tim SDM memiliki begitu banyak tugas yang harus dilakukan, mulai dari mengelola data semua orang di kantor, memasukkan data kehadiran, hingga merekrut karyawan baru. Pekerjaan yang membosankan dan juga berat karena sangat memakan waktu, membutuhkan perhatian penuh & ada banyak ruang manusia melakukan kesalahan (human error).


Tinggalkan cara lama sebelum tim Anda kehabisan tenaga. Ikuti tur di GajiCermat, platform HRIS yang dapat menyederhanakan tugas SDM. Selain itu, tidak hanya menjalankan penggajian dalam hitungan menit dengan automasi, dengan segudang fitur HRIS GajiCermat dan solusi manajemen karyawan, Anda juga dapat mengintegrasikan data kehadiran karyawan Anda ke dalam sistem payroll, memotong pajak secara otomatis sehingga mengurangi kesalahan perhitungan, membuat on- /offboarding karyawan lebih lancar, melacak kehadiran real-time, dan banyak lagi.


3. Automasi pemasaran


Di masa lalu, agar brand Anda tetap diingat oleh calon pelanggan, Anda harus berinvestasi dalam pamflet, iklan majalah, penempatan produk yang strategis, dan promosi dari mulut ke mulut yang bagus. Sayangnya, iklan majalah maupun televisi tidak murah. Usaha kecil lama kelamaan tertinggal karena brand besar menarik lebih banyak pasar.


Sekarang, perusahaan rintisan yang sedang berkompetisi memiliki akses ke alat pemasaran online yang terjangkau yang bahkan merupakan alat bermain. Platform seperti ActiveCampaign memungkinkan Anda mengelompokkan audiens yang berbeda dan mengirimkan pengalaman pelanggan yang menarik melalui email, media sosial, obrolan langsung, dan SMS. Pada akhirnya akan memudahkan pemilik usaha kecil untuk mendorong keterlibatan, memelihara hubungan dengan prospek, dan pada akhirnya mengubah mereka menjadi pelanggan.


4. Dokumentasi dan pelatihan online


Baik Anda merekrut staf baru atau mengalihkan pekerjaan ke outsourcing, penting untuk memberi mereka peraturan perusahaan sejak awal sehingga mereka memiliki semua yang mereka butuhkan untuk mulai bekerja. Di masa lalu, ini bisa berarti mengirim beberapa lusin email atau menyusun pedoman perusahaan.


Namun panduan atau Standar Operasional Prosedur (SOP) ini seringnya tidak aktual dan pada dasarnya menambahkan lebih banyak pekerjaan setiap kali Anda mempekerjakan karyawan baru dan harus memperbaruinya.


Alat dokumentasi online seperti Tango memungkinkan Anda membuat panduan alur kerja dengan mudah, menambahkan deskripsi teks dan anotasi untuk memandu penggunanya alur kerja. Anda juga bisa berbagi pengetahuan penting dengan klien, kontraktor, atau tim Anda dalam hitungan detik. Setelah Anda mendokumentasikan proses/alur kerja, proses tersebut akan tetap tersimpan dengan aman.


5. Tugas dan manajemen proyek


Sebelum munculnya perangkat lunak manajemen tugas berbasis cloud, manajer proyek harus secara langsung mengejar pemangku kepentingan atau menulis email yang panjang..


Perangkat lunak seperti Asana dan Trello telah mengubah lanskap manajemen proyek. Alat digital ini membantu Anda memecah proyek besar menjadi tugas yang lebih kecil dan memperkirakan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya dengan lebih baik. Alur kerja sepenuhnya dapat disesuaikan, membuatnya mudah untuk memetakan tugas sesuai deadline dan memastikan setiap proyek berjalan tanpa hambatan.



6. Pelacakan waktu


Bagaimana pengusaha secara manual melacak jam yang mereka habiskan untuk bisnis? Beberapa membuatnya dengan cara membuat jadwal mingguan dan berkomitmen untuk “masuk dan keluar” pada waktu yang mereka tentukan. Ada pula yang menggunakan metode pelacakan waktu yang lebih terlibat seperti Teknik Pomodoro di mana Anda mengatur timer selama 25 menit, fokus pada tugas, dan istirahat lima menit setelah timer berbunyi. Kedua metode ini membutuhkan ketelitian untuk melihat jam—dan tidak banyak yang bisa dilakukan.


Untungnya, sekarang ada cara yang lebih mudah untuk melacak waktu dan menghabiskannya dengan efisien untuk bisnis Anda. Mari lihat Toggl Track, aplikasi pelacakan waktu yang tidak hanya memungkinkan Anda mengatur jam kerja, tetapi juga membantu Anda membagi jenis pekerjaan yang Anda lakukan ke dalam kategori terpisah sehingga Anda dapat melihat di mana Anda harus memprioritaskan waktu Anda. Misalnya, melihat perincian jam yang dapat ditagih dan tidak dapat ditagih setiap minggu dapat membantu Anda menemukan keuntungan Anda. Bekerja dengan tim? Toggl memungkinkan Anda melihat jam kerja untuk seluruh tim Anda dan membuat laporan otomatis dalam satu dasbor yang intuitif.


7. Bagaimana GajiCermat membantu


Bila Anda seorang pengusaha, melakukan outsourcing tugas-tugas yang membosankan (tetapi penting) adalah cara cerdas untuk meluangkan waktu Anda dan menjalankan bisnis dengan lebih efisien. Produktivitas yang baik dapat menyederhanakan operasi Anda sehari-hari dan membuat Anda tetap fokus pada aktivitas yang secara langsung menghasilkan pendapatan.


GajiCermat dapat menangani di bagian penggajian hingga manajemen karyawan sehingga Anda dapat fokus pada hal terbaik yang Anda lakukan—menjalankan bisnis Anda. GajiCermat, tim ahli SDM Anda secara otomatis mengimpor data kehadiran, meninjau, mengkategorikan pajak, dan menjalankan penggajian. Data Anda dirangkum dalam satu dasbor sederhana, memberi Anda laporan keuangan terkini untuk menghemat waktu dan membantu Anda membuat keputusan bisnis yang lebih baik.




Komentar


bottom of page